Popular Products

Women Clothes

Arsip Blog

Cara membuat Kue wajik ketan

dapurresepmasakan - Cara membuat atau bikin Kue wajik ketan, Aduh rasanya kurang lengkap tanpa ada yang basah-basah maksudnya kue basah, apa sih maksud dari kue basah??? saya juga kurang tau betul kenapa di sebut kue basah, lohh.. kenapa kita malah bahas yang basah basah toh di postingan kali ini kita akan ulas cara pembuatan wajik ketan, kalau di tanya makan paporit apa yang kamu suka ya saya jawab WAJIK KETAN, soalnya kenapa di situ saya pernah ada kenangan dari wajik ketan tersebut, mungkin singkatnya waktu (SD) dulu saya gemar memasak diantaranya masakan yang paling saya sukai iyalah wajik ketan buatan mamih saya, memang sih menurut orang orang makanan ini terlihat biasa bisa saja ettt tapi jangan salah menilai di balik penampilan menyimpan sejuta aneka rasa yang sangat menakjubkan, Kue Wajik Ketan, Kue Nagasari, Kue Cenil, Kue Lumpur, dan lainnya juga saya pernah bikin tapi kalau di ceritain di sini takut kepanjangan soalnya kenapa, buat yang nyari artikel ini entar ketiduran kalau udah denger saya curhat tentang makanan apa lagi menyangkut Kue Wajik Ketan ini, ingin tau cara pembuatannya yuk mari simak untuk selengkapnya ada di bawah ini.

Cara membuat Kue wajik ketan
Cara membuat Kue wajik ketan
Cara membuat Kue wajik ketan Sepecial
Bahan yang dibutuhkan:
beras ketan 1kg, rendan 2 jam tiriskan
gula jawa yang bagus 500 gr (yang asli, karena sekarang banyak gula jawa dicampur gula pasir, parutan kepala)
gula pasir 100 gr
garam 1/2 sdt
santan kental dari 1 butir kelapa ukuran sedang atau besar 500ml
santan encer 500 ml untuk meng “aru” waktu santan dikukus
daun pandan
jahe secukupnya, memarkan 

Cara membuat wajik ketan:
Masak santan encer sampai mendidih aduk-aduk angkat.
Kukus ketan selama 15 menit, angkat dan campur dalam baskom dengan santan cair yang tetap dalam kondisi panas aduk rata (di aru - istilah Jawa nya), masak/kukus lagi selama 20 menit ,angkat
Masak santan, gula garam, daun pandan, jahe memar sampai gula larut dan “remambut”, kemudian masukkan ketan aduk rata sampai aer santan terserap habis, aduk sampai tidak lengket, angkat ratakan wajik dalam loyang atau bisa pula dicetak kecil2 bentuk wajik kecil, kalo untuk seserahan ditaruh dalam wadah yang telah disediakan ratakan.

weleh walah susa-susah gampang kan membuat Kue Wajik Ketan, nah itulah keajaiban dari Kue Wajik Ketan, jangan lupa buat bagi bagi teman yah kalau udah bikin haha.

0 komentar:

Posting Komentar

Categories

WordPress Themes